Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
stephanie sinulingga

Nama Saya Stephanie Sinulingga coba berbagi informasi kepada semua orang yang ada di dunia.

Apa Itu Asuransi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

pengertian dari asuransi

Kata “asuransi” pasti sudah sering terdengar oleh Anda, tapi apakah Anda sudah benar-benar memahami apakah itu asuransi?
Asuransi adalah sebuah perlindungan. Yang dimaksud dengan perlindungan di sini adalah perlindungan atas kerugian yang mungkin akan terjadi di masa depan, bukannya perlindugan dari segala kejadian buruk yang mungkin terjadi di masa depan. Begini maksudnya: yang namanya musibah kecelakaan memang tidak bisa dihindari, tapi setidaknya dengan menggunakan asuransi, Anda akan terhindar dari besarnya kerugian yang harus ditanggung ketika Anda mengalami musibah yang berkaitan dengan yang Anda asuransikan itu. Asuransi setidaknya bisa meminimalisir kerugian Anda atau menolong Anda jika kebetulan saat itu Anda tidak memiliki uang untuk menanggung kerugian.


Ada banyak macam asuransi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan perlindungan terbaik: asuransi kendaraan (roda dua atau lebih), asuransi properti atau yang dikenal dengan asuransi rumah, asuransi kesehatan (fisik atau jiwa), hingga asuransi perjalanan. Sistem dari semua asuransi yang saya sebutkan itu pada dasarnya adalah sama, memberikan jaminan pada yang terasuransi jika sewaktu-waktu mengalami resiko dan ada juga harga premi yang harus rutin Anda bayarkan untuk mendapatkan jaminan itu.


Premi bisa dibilang merupakan tabungan masa depan Anda, jadi, menggunakan asuransi pada hakikatnya hampir sama seperti Anda menabung. Walaupun, kelebihan dari asuransi adalah, walaupun tabungan tersebut belum banyak, Anda sudah bisa mendapatkan pergantian atau jaminan full. Beda jika Anda menabung sendiri, Anda hanya bisa menggunakan uang yang sudah terkumpul itu saja. Harga premi yang dibayarkan juga bervariasi, tergantung dari jenis asuransinya.


Khusus untuk asuransi kendaraan dan asuransi properti, secara garis besarnya ada dua jenis yaitu asuransi All Risk dan asuransi Total Loss Only atau kita bisa menyingkatnya dengan nama TLO.. All Risk adalah sebuah paketan asuransi yang memiliki cakupan jaminan yang lebih luas dibanding asuransi TLO. Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menduganya. Asuransi TLO hanya akan memberikan pertanggungan atau jaminan jika yang diasuransikan mengalami kerusakan atau hilang total (jika rusak, tingkat kerusakannya harus lebih dari 75 %), dan asuransi All Risk adalah asuransi yang memberikan pertanggungan atau jaminan pada semua jenis resiko (asalkan masih sesuai dengan ketentuan asuransi). Meskipun namanya All Risk, ada beberapa kerugian yang tidak bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi, yaitu resiko sendiri, atau resiko yang disebabkan oleh kelalaian sendiri (yang cenderung terlihat seperti disengaja).


Walaupun tidak bisa mengcover seluruhnya, tapi memiliki asuransi setidaknya akan menghindari Anda dari keterpurukan yang sangat. Hal itu bisa Anda nikmati hanya dengan menyisihkan sebagian kecil dari uang Anda setiap bulan atau tahunnya untuk membayar premi.


Jaman modern seperti sekarang pun, Anda tidak perlu repot mencari atau mendaftar jika ingin menggunakan asuransi, karena ada yang namanya website portal pembanding asuransi yang bisa mempermudah kegiatan berasuransi Anda secara online.
 

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: