Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
stephanie sinulingga

Nama Saya Stephanie Sinulingga coba berbagi informasi kepada semua orang yang ada di dunia.

Cara Paling Efektif Menarik Konsumen Online Shop

 

Dalam menjalankan bisnis jualan online tidaklah semudah itu, dibutuhkan strategi paling efektif untuk bisa menarik konsumen online shop menjadi pelanggan setia Anda. Sering sekali banyak orang yang beranggapan bahwa jualan online tersebut sangat mudah, namun ketika dijalani ternyata tidak semudah itu. Apalagi ketika bisnis sudah dijalani, ada 2 hal yang harus Anda perhatikan yaitu mempertahankan pelanggan lama dan menarik konsumen online shop baru.

Tidak perlu khawatir berikut beberapa saran yang kami berikan cara paling efektif untuk menarik konsumen ke online shop Anda:
 

1.Menggunakan Marketplace Yang Terkemuka

Sekarang ini jika ingin berjualan online sangat mudah. Ada banyak marketplace yang memberi kemudahan untuk untuk penjual untuk membuka toko online mereka. Contohnya saja seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, BliBli dan masih banyak marketplace lainnya yang bisa Anda gunakan untuk kembangkan bisnis. Ketika Anda memutuskan untuk bergabung di market place biasanya akan lebih mudah untuk berjualan, karena penyedia toko online tersebut sering memberikan diskon-diskon besar untuk pelanggan namun tentu tidak akan merugikan Anda. Jika Anda sudah memutuskan bergabung dengan salah satu marketplace ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
 

  • Gambar, pastikanlah gambar produk yang Anda tampilkan tersebut terlihat menarik, sehingga membuat pelangan menjadi ingin membelinya.

  • Deskripsi, memberikan deskripsi yang lengkap kepada konsumen juga merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. Deskripsi dibutuhkan agar konsumen bisa mengerti tentang produk Anda.

  • Harga, konsumen sering sekali lebih menyukai harga coret atau dengan kata lain. Anda bisa memberikan harga diskon akan tetapi yang tidak merugikan Anda.
     

​​​​​​​2.Gunakan Sosial Media Untuk Promosi

Kemudahan yang ditawarkan jika berjualan online shop adalah promosinya yang murah. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang besar untuk biaya promosi. Anda bisa menggunakan sosial media untuk menarik konsumen online shop. Dengan mempersiapkan strategi pemasaran online yang efektif khusus untuk sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram Anda bisa mendapatkan konsumen online dengan segera. Berikut ini cara yang bisa Anda jalankan untuk menarik konsumen di sosial media:
 

  • Pilih Target Konsumen Anda

Cara pertama ​​​​​​​yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan atau memilih target konsumen Anda. Sosial media seperti Facebook dan Instagram menawarkan fitur kepada Anda untuk bisa menentukan target konsumen Anda. Mulai dari target konsumen yang sesuai dengan umurnya, jenis kelamin bahkan minat dari pelanggan Anda.
 

  • Buat Page Khusus Untuk Jualan Produk

Biar tidak tergabung dengan sosial media pribadi, Anda bisa buat page khusus untuk bisnis dan berjualan produk. Jadi promosinya pun nanti lebih efektif.

 

  • Menggunakan Iklan Sosial Media

Sekarang Facebook dan Instagram memberikan fitur iklan untuk menarik konsumen online shop secara efektif dan efisien.
 

3.Menjual Barang Langka Atau Unik

Zaman sekarang orang-orang lebih suka dengan barang langka ataupun unik, selain cara diatas strategi pemasaran online selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjual barang-barang unik dan langka. Jika Anda punya kemampuan untuk membuat kerajinan tangan seperti syal ataupun gambar foto yang menarik, ini bisa menjadi kesempatan besar untuk Anda.

Barang unik dan limited edition lebih disukai oleh konsumen online, apalagi jika produk tersebut bisa custom dan sesuai selera pembeli pasti akan lebih menarik lagi.

 

4.Mendapatkan Ulasan Dari Pelanggan

Kita pasti sering mendengar istilah “Pelanggan adalah Raja”, jadi perlakukanlah pelanggan sebagai raja. Pengalaman pelanggan yang didapat dari layanan Anda yang baik dan berkesan, nantinya akan menjadi promosi secara gratis yang dilakukan oleh pelanggan lama Anda. Mereka bisa berbicara dengan orang lain atau teman-temannya, bahwa Anda memiliki produk yang bagus dan pelayanan yang baik pula.

Jika Anda sudah yakin telah memberikan pelayanan terbaik dan memiliki produk yang bekualitas, mintalah kepada pelanggan untuk memberi ulasan terhadap produk dan layanan agar bisa menarik pelanggan baru. Pelanggan baru yang melihat ulasan tersebut dan menjadi percaya dengan produk yang ditawarkan tersebut.
 

5.Gunakan Jasa Endorse

Sekarang ini jasa endorse juga merupakan cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk menarik konsumen online shop. Ada istilah “selebgram” sekarang ini yaitu orang-orang yang memiliki followers banyak di Instagram dan hubungan ia dengan followersnya sangat baik. Mereka yang disebut selebgram ini biasanya menyediakan jasa endorse. Harga untuk jasa endorse ini umumnya bervariasi ada yang Rp 500 rb - Rp 1 juta untuk setiap postingan, tergantung berapa kali akan di posting. Hal ini sesuai dengan kesepakatan orang yang endorse dan si selebgram atau artis tersebut.

 

Itu dia cara paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen online shop. Selamat mencoba, semoga berhasi.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: